'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Giat PCA Gondangrejo pada Ramadhan 1442 H
11 Mei 2021 16:04 WIB | dibaca 75

Rasa syukur atas segala nikmat, karunia Allah SWT kita panjatkan kehadiratNya. Sabtu, 26 Ramadhan 1442H bertepatan dengan 08 Mei 2021 telah terselenggara pengajian rutin Aisyiyah PCA Gondangrejo. Pengajian rutin Aisyiyah yang seharusnya diselenggarakan setiap 1 bulan sekali ini sudah beberapa saat tertunda tidak dapat diselenggarakan karena masih dalam masa pandemic covid-19. Namun pada kesempatan kali ini rencana penyelenggaraan pengajian sudah digaungkan sejak satu minggu lalu dengan penuh semangat dan Alhamdulillah terlaksana dengan baik, bertempat di Masjid Mansubat Tuban di lingkungan kantor kesekretariatan PCA Gondangrejo.

Beberapa agenda kegiatan dalam pengajian Aisyiyah disampaikan oleh pembawa acara Ibu Basiroh Suprihati, S.Pd. Diawali dengan membaca Basmalah bersama-sama, dilanjutkan dengan Tilawah QS. Al-Qalam dipimpin oleh Ibu Dwiana Esti Wulandari, Kultum, Pembinaan Ketua PCA Gondangrejo, penyerahan santuan untuk anak yatim, piatu atau duafa serta penyerahan THR untuk 21 guru Aisyiyah non pns non sertifikasi.

Pengajian rutin Aisyiyah pada hari ini banyak dihadiri oleh generasi muda usia produktif yang masuk dalam kategori anggota Nasyiatul Aisyiyah (NA), maka Ibu Mifrokah (nama dan gelar?) dalam kultumnya menyampaikan tentang Komitmen untuk Nasyiatul Aisyiyah (NA) yaitu :
1. Senantiasa tepat sholat wardhu dan berjamaah
2. Membaca Al-Quran dan artinya
3. Beradab Islami dlm kehidupan  (makan, salam)
4. Beramal Sholeh dimulai dari dirisendiri (senyum sapa dan sebagainya)
5. Shodaqoh waktu utk NA minimal 1 bulan sekali atau 1 minggu sekali
6. Membaca 1 tema /hari
7. Mengikuti kajian minimal 1 kali/minggu. (bisa online atau offline)
8. Berjiwa mandiri dan berfikir positif dalam segala hal
9. Responsif  terhadap permasalahan sekitar
10. Mampu membagi waktu antara diri sendiri, keluarga dan NA

Pada akhir kultum juga disampaikan bahwa pandemic covid-19 masih belum selesai, dan mengingatkan tentang kesadaran diri bahwa ketika kita berada pada lokasi yang ada wabah, maka kita tidak diperkenankan untuk meninggalkan lokasi tersebut, bagi yang berada di lokasi lain, tidak diperkenankan untuk mendatanginya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah : Jika kalian mendengar tentang wabah-wabah di suatu negeri janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu tempat kalian berada, maka janganlah kalian meninggalkan tempat itu, (Hadits riwayat Bukhari Muslim)

Ketua PCA Gondangrejo, Ibu Hj. Yayuk Kristiningsih, S.Pd dalam pembinaannya menyampaikan tentang 10 Karakter Orang BerMuhammadiyah, yaitu :

1. Apabila berMuhammadiyah harus bertauhid
2. Harus paham Islam berkemajuan utamanya bersikap sosial
3. Apabila berMuhammadiyah hrs ihlas jujur dan amanah
4. BerMuhammadiyah harus cerdas dan berilmu. Ilmu diamalkan
5. BerMuhammadiyah harus bersikap moderat
6. BerMuhammadiyah harus kerja keras dan disiplin (terbukti hati ini disiplin waktu/)
7. BerMuhammadiyah hrs bisa memuliakan manusia dan adil terhadap sesama
8. BerMuhammadiyah harus gemar beramal
9. BerMuhammadiyah harus bersikap Al Maun
10. Dalam BerMuhammadiyah harus orang yang berjiwa organisasi dan beragama

Sebagai warga Aisyiyah secara otomatis adalah menjadi satu kesatuan dengan Muhammadiyah, maka hendaknya kita warga Aisyiyah juga senantiasa seiring sejalan.

Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Gondangrejo Kabupaten Karanganyar menyalurkan bantuan kepada 8 TK ‘Aisyiyah se-kecamatan Gondangrejo berupa bantuan untuk anak didik yatim piatu, yatim, piatu atau duafa (benar-benar membutuhkan bantuan), bantuan tersebut diserahkan melalui kepala TK masing-masing. Pada kesempatan tersebut PCA juga menyerahkan bantuan kepada 21 guru ‘Aisyiyah non PNS non sertifikasi se-kecamatan Gondangrejo berupa THR. Dana yang disalurkan tersebut bersumber dari beberapa donatur.dan iuran anggota Aisyiyah secara spontan. Semoga memberikan manfaat dan keberkahan untuk kita semua.

Sebagai penutup kegiatan pengajian rutin Aisyiyah teriring do’a semoga senantiasa diberikan kesabaran dan keihlasan dalam menjalankan ibadah Ramadhan, semoga pandemic covid-19 segera berakhir atas izin Allah SWT dan kita bisa beraktifitas seperti semula. Segenap guru TK ‘Aisyiyah Kecamatan Gondangrejo mengucapkan “jazakumullah khairan katsiran, wa jazakumullah ahsanal jaza”, Aaamiin..Ya Rabbal Alamiin.

Redaktur : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post: