'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
MT Karanganyar Giat Dakwah Khusus Dampingi Muallaf- Tuginem Masuk Islam
22 September 2019 05:39 WIB | dibaca 260
 
Tuginem Bersama Kel Edy Tri Sulistyo Setelah Bersyahadat
 
Giat dakwah khusus MT PDA karanganyar mendampingi Muallaf.
 
Islam Rohmatan Lilallamin. Pesona Aqlakulkharimah  itu yang didakwahkan MT bagi umat sekitar. Ketika Allah suds membuka hati manusiz untuk terbuka aksn kebenaran, maka tidak satupun orang mampu menghalanginya.  Karanganyar  merupakan  daersh yang hiterogen agamnya. Setahun ini bersamaan dakwah, MT PDA Karanganyar bersinergi dengan  masyarakat dampingi orang masuk Islam. MT PDA Karanganyar lakukan pendampingan muallaf bersinergi dengan MUI Kabupaten Karanganyar sekitar 120 orang masuk Islam. 
 
Langkah-langkah yang dilakukan MT PDA karanganyar :
1. Melakukan pendataan muallaf di Pimpinan Cabang dan Ranting se-Kabupaten Karanganyar
2. Bersilaturahmi dan Bersinergi dengan MUI Karanganyar untuk ikut berkontribusi mendampingi muallaf
3. Melakukan kunjungan kecabang-cabang dan bakti sosial memberi peralatan ibadah bagi muallaf
4. Adapun Program yang digalakkan dengan pendampingan memberi pelatihan iqra', cara wudhu, cara shalat dan ceramah keagamaan untuk menguatkan aqidah dan akhlaq bagi muaallaf
 
Dengan spirit ayat al qur'an surat Al Baqoroh ayat 256, MT PDA Karanganyar siap untuk berkontribusi mendampingi muallaf.
 
Allah SWT berfirman:
 
لَاۤ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِ ۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِا لطَّا غُوْتِ وَيُؤْمِنْ بِۢا للّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِا لْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَا مَ لَهَا ۗ وَا للّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
 
"Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 256)
 
Salah satu hasilnya adalah di Perum UNS Jati Jaten, PDA dampingi muallaf masuk Islam. Setelah mengikuti pendampingan, di bulan Romadhon 2019 Tuginem bersyahadat di depan Ust Syakhroni dalam Pengajian Rutin di Rumah Ibu Sunarmi Edy Tri Sulistyo. Hari demi hari masih dilakukan pendampingan oleh ibu Sunarmi termasuk konsistensi berjilbab. Hasilnya Alhamdulillah sampai sekarang masih konsisten sholat dan berjilbab.  Tuginem merupakan ART yang sebelumnya beragama Kristen, kesehariannya berbusana  Seksi kaos singlet dan celana ketat pendek.
 
Setelah sekitar tiga bulan bekerja di kel  Edy Tri Sulstyo mendapat hidayah dari Allah terbuka masuk Islam.  Setiap Kamis Tuginem diajak terlibat mrnyediakan konsumsi saat ada kajian rutin Tafsir di rumah ibu Sunarmi Edy Tri Sulistyo. Setiap menyajikan minuman Ibu Edy Tri meminta Tuginem berganti baju panjang meskipun masih ketat. Setelah itu ternyata  duduk di balik pintu ikut mendengarkan kajian. Kesehariannya sering  diajak ngobrol oleh kel Edy Tri Sulistyo tentang Islam. 
 
Prosesnya tidak singkat sebelum bersyahadat Tuginem minta diajari berikut makna dan artinya semua wajib, rukun, sunnah Sholat dan puasa. Setelah sekitar dua bulan belajar baru mau bersyahadat. Ibu Sunarmi mendampingi dalam keseharian. Termasuk mengajak ke masjid sholat wajib dan sunnah saat Romadhon.  
 
Tuginem Saat Bersyahadat 23 Mei 2019
 
Oleh : Ummie Masrurah
Shared Post: