'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Diklat Guru Pendamping PAUD Berjenjang Tingkat Dasar melalui Video Conference (Vicon) Kabupaten
06 Mei 2019 04:44 WIB | dibaca 785

Karanganyar di PAUD SCA tanggal 22 April 2019-10 Mei 2019 sebagai tempat diklat berjenjang. PDA Majelis Dikdasmen menyambut gembira atas kerjasama IGABA Jawa Tengah dengan Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Jawa Tengah (PP PAUDDIKMAS JATENG) yang dituangkan dalam sebuah MoU.

Diklat berjenjang yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada guru PAUD yang belum S-1 atau S-1 tidak lineer kini telah dapat direalisasikan. Menurut Nurul (IGABA) Karanganyar selaku operator bahwa MoU berupa Bintek Diklat Dasar Berjenjang Tingkat Dasar dengan sistem Video Conference (Vicon) untuk guru TK Asisyiyah Bustanul Athfal di 33 PDA Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Pelaksana teknis dalam hal ini oleh IGABA Jateng dimana setiap IGABA Kabupaten/kota menugaskan operator untuk menjadi pembimbing lapangan bagi para peserta diklat melalui Vicon.

Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan uji coba yang dilakukan oleh PP PAUDDIKMAS Jateng dengan menggandeng mitra Pimpinan Wilayah Aisyiyah dalam hal ini IGABA Jateng. Diharapkan kegiatan ini dapat berhasil dengan baik sehingga kerjasama akan terus dilanjutkan sampai diklat tingkat yang lebih tinggi maupun kegiatan kegiatan yang lainnya melalui sistem Vicon.

Kerjasama kemitraan yang terjalin antara PP PAUDDIKMAS Jateng dengan Aisyiyah Jateng yang dalam ini diwakili oleh IGABA memberikan bukti sebuah apresiasi yang tinggi dari PP PAUDDIKMAS Jateng yang telah memberi kepercayaan Aisyiyah dalam membantu pelaksanaan program PAUD di Jawa Tengah. IGABA Karanganyar dengan penanggung jawab ketuanya Tri Rahayuningsih, S.Pd.AUD dan pembimbing lapangan Nurhadi,S.Pd dan Wulansari Nurul Amanah, S.Pd berupaya menyukseskan kegitan tersebut. Sistem Vicon ini sudah dimulai pada tanggal 22 April 2019 jam 13.00-15.00, bersamaan di 79 titik dengan 100 operator secara serentak, dan bertahap dari jumlah peserta 2267 guru. Di Karanganyar Kegiatan ini dilaksanakan di PAUD SCA dengan jumlah peserta 40 orang dan 2 pendamping lapangan. Pada hari Sabtu 4 Mei 2019 Kegiatan Diklat Vicon di PAUD SCA mendapatkan visitasi dari PP PAUDDIKMAS Jateng. Tim dari PP PAUDDIKMAS jateng disambut oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) dan Majelis Dikdadmen Kabupaten Karanganyar dan IGABA Kabupaten Karanganyar. Dalam kunjungan tersebut tim PP PAUDDIKMAS Jateng memberi apresiasi atas terlaksananya kegiatan vicon di PAUD SCA sekaligus meminta kepada Pembimbing Lapangan untuk memberi kritikan, saran dan rekomendasi pada proses kegiatan vicon yang telah berjalan yang akan digunakan sebagai evaluasi pelaksanaan vicon yang akan datang. PDA Majelis Dikdasmen berharap dengan diklat berjenjang ini akan meningkatkan kompetensi dan kualitas guru PAUD Aisyiyah Karanganyar. Semua peserta harus tetap semangat dan mengikuti jenjang selanjutnya. Semoga yang belum bisa ikut saat ini akan termotivasi untuk mengikuti pada kesempatan lain.

Shared Post: