'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Dikdasmen Karanganyar Ikuti Webinar "Meningkatkan Spritualitas dalam Menghadapi Pandemi Covid-19"
14 Mei 2020 11:40 WIB | dibaca 303


Hari Rabu, 13 Mei 2020 Dikdasmen Karanganyar mengikuti Webinar tentang "Meningkatkan Spritualitas dalam Menghadapi Pandemi Covid-19". Materi disampaikan oleh PPA, Prof. Dr. Masyitoh Chusnan, M.Ag.

Materi yang disampaikan sebagai berikut :

Mengapa orang beriman pasti diuji?

Ada 3 sebab mengapa orang beriman diuji
:
1. sebagai kaffarah atau penebus dosa
Rasulullah SAW bersabda : "Tidaklah seorang muslim yang tertimpa gangguan berupa penyakit atau semacamnya, kecuali Allah akan menggugurkan bersama dgn nya dosa-dosanya, sbgm pohon yang menggugurkan dedaunannya," (HR. Bukhari & Muslim). "Bencana sentiasa menimpa seorang mukmin & mukminah pd dirinya, anaknya, & hartanya sampai ia berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada kesalahan pada dirinya," (HR. At Tirmidzi/ Imam Ahmad, derajat Hasan shahih.)

2. Untuk Memberi Pahala.
Firman Allah SWT : "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala buat mereka tanpa batas." (QS al-Zumar: 10).

3. Allah SWT Ingin Meninggikan Derajat serta Meningkatkan Kualitas
Dengan adanya ujian, akan diketahui siapa sebenarnya kita, apakah termasuk mukmin yang benar, ataukah sebaliknya seorang munafik. Allah SWT berfirman, "Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan mengatakan, 'Kami telah beriman', sedang mereka belum diuji?" (QS Al-Ankabut 29: 2)

"Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, yang menjadikan mati & hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang Lebih baik perbuatan-nya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.“ (QS al-Mulk: 2)

 

Redaktur : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post:
Berita Terbaru