'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Cadre Coordination with DHO for Contact Investigation Data Collection and Survey NIP Round 2018
25 Mei 2018 05:23 WIB | dibaca 1575
Dalam rangka menjaga harmonisasi dan kolaborasi bersama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar dengan SSR Karanganyar, pada upaya gerakan eliminasi TBC maka diperlukan sinergi antar entitas tersebut. Pertemuan koordinasi terintegrasi antara kader dengan dinkes bersama perwakilan PKM di Kabupaten Karanganyar ini dilakukan agar dapat membangun hubungan dan koordinasi yang baik dengan fasilitas kesehatan guna mendukung kader dalam melakukan investigasi kontak. Kegiatan Investigasi kontak sendiri menggunakan data kasus yang diperoleh dari fasilitas kesehatan, sehingga komunikasi antara  fasilitas kesehatan, kader dan SSR Karanganyar harus terjalin dengan baik dan sinergi.
 
Tujuan pertemuan yang dilaksanakan pada 24 Mei 2018 bertempat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Karanganyar ini untuk memastikan bahwa hubungan antara SSR, kader dengan layanan kesehatan (PKM) dan Dinas Kesehatan berjalan dengan baik dan masing-masing mampu mengambil peran dalam menyukseskan program Community TB Care serta dapat memotivasi kader agar dapat melakukan investigasi kontak dan penemuan kasus dengan baik.
Peningkatan kapasitas kader diperlukan dari kegiatan ini untuk dapat melakukan deteksi dini terduga TBC melalui  investigasi kontak dengan pembekalan dari Kabid P2P Dinkes Karanganyar Rita Sari Dewi. Selanjutnya, pada pengumpulan laporan capaian dalam melakukan penjaringan dan pendampingan pengobatan, para kader di Round NIP 2018 ini mulai dibekali oleh Shubuha Pilar Naredia dengan form dan sistem pelaporan terbaru. Pertemuan kordinasi yang dipimpin langsung oleh Kepala SSR yakni Ibu Darsih ini membahas rencana pelaksanaan investigasi kontak dan merumuskan solusi terkait kendala-kendala pelaksanaan investigasi kontak yang sebelumnya sudah pernah dilaksanakan pada round NFM 2017.
Shared Post: