'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Berdakwah Melalui Kajian Rutin PCA Gondangrejo Karanganyar
20 Mei 2019 03:59 WIB | dibaca 66

Pengajian Rutin ‘Aisyiayh adalah salah satu dari beberapa program kerja Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Pengajian rutin ‘Aisyiyah di Gondangrejo terjadwal setiap hari Sabtu minggu ke-2 pukul 14.00 WIB. Pengajian bergilir dari satu lembaga ke lembaga lain yang berada di bawah naungan Amal Usaha Muhammadiyah yaitu TK ‘Aisyiyah, MI Muhammadiyah, SMP/MTs Muhammadiyah, SMA/SMK Muhammadiyah di Kecamatan Gondangrejo. Anggota atau jamaah pengajian rutin ‘Aisyiyah terdiri dari beberapa unsur yaitu adik-adik dari Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA), guru TK ‘Aisyiyah, ibu guru MI Muhammadiyah, ibu guru SMP/MTs Muhammadiyah, ibu guru SMA/SMK Muhammadiyah, anggota dari Ranting (PRA) Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar.

Pengajian rutin ‘Aisyiyah selain bermanfaat sebagai wadah untuk belajar tentang agama Islam, juga untuk menjalin silaturrahmi sesama warga ‘Aisyiyah. Pada pengajian rutin ini juga selalu dibagikan hadiah hadir untuk jamaah yang beruntung.

Pelaksanaan pengajian rutin ‘Aisyiyah PCA Gondangrejo pada bulan Mei 2019 ini sangat istimewa karena bersamaan dengan bulan Ramadhan 1440 H, maka tidak dilangsungkan di salah satu lembaga AUM tersebut diatas melainkan di Masjid Manstubat Desa Tuban Kecamatan Gondangrejo pada hari Sabtu, tanggal 18 Mei 2019 (13 Ramadhan 1440 H) pukul 10.00 WIB. Kegiatan diawali dengan tilawah QS. Al-Waqi’ah ayat 1-20 oleh ibu Dwiana Esti Widiyaningrum guru TK ‘Aisyiyah I Tuban yang juga sebagai juara 1 Lomba Tahfidz guru TK ‘Aisyiyah se-Kabupaten Karanganyar dalam rangka Milad Satu Abad TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal dan Milad ‘Aisyiyah ke-105.

Rangkaian acara selanjutnya adalah tausiah oleh Bapak Drs. H. Sutadi, M. Ag membawakan materi tentang pentingnya melaksanakan sholat fardlu di awal waktu dan sholat sunnah rowatib. Selanjutnya juga disampaikan tentang QS.Al-Fatihah yang juga disebut sebagai Ummul Kitab (induk kitab), Ummul Qur’an (induk Al-Quran), As-Sabu’ul Matsani (tujuh yang diulang). Beberapa informasi disampaikan oleh ketua PCA Gondangrejo, Ibu Hj. Yayuk Kristiningsih, S.Pd yaitu bahwa pengajian ‘Aisyiyah hari ini sangat istimewa karena PCA akan menyalurkan bantuan sebesar Rp.2.400.000,- (dua juta empat ratus ribu rupiah) kepada 8 TK ‘Aisyiyah se-kecamatan Gondangrejo. Maka setiap TK ‘Aisyiyah akan menerima bantuan sebesar Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) dan melalui kepada sekolah masing-masing diberikan wewenang untuk menyalurkan kepada peserta didik. Bantuan tersebut untuk peserta didik TK ‘Aisyiyah yang merupakan anak yatim piatu, yatim, piatu atau kurang mampu (benar-benar membutuhkan bantuan). Bantuan atau tali kasih selanjutnya adalah sebesar Rp.3.150.000,- (tiga juta seratus lima puluh ribu rupiah) untuk 21 orang guru TK ‘Aisyiyah Kecamatan Gondangrejo yang non PNS non sertifikasi, sehingga masing-masing menerima bantuan sebesar Rp.150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah). Penyaluran dana bantuan tersebut merupakan Program Rutin setiap tahun PCA Gondangrejo. Segenap guru TK ‘Aisyiyah Kecamatan Gondangrejo mengucapkan “jazakumullah khairan katsiran, wa jazakumullah ahsanal jaza”, aamiin..Ya Rabbal Alamiin.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari