'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghindari Dampak Buruk Berkembangnya Covid-19 - Kajian Daring PDM Karanganyar #5
27 April 2020 07:04 WIB | dibaca 309

Kajian Daring Muhammmadiyah Karanganyar
sesi Lima - 27 April 2020
Majelis Tabligh Dakwah Khusus dan Majelis Tarjih dan Tajdid
Selamat Menjalankan ibadah Puasa 1441 H

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari dampak buruk berkembangnya covid-19
Tuntunan Ibadah dalam Kondisi Darurat Covid-19
oleh Dr. H.Muh.Syamsuri, M.Si
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar

Dalam rangka menghindari dampak buruk berkembangnya covid-19 harus diperhatikan dua hal :
a. Memperhatikan berbagai petunjuk dan protocol yang ditentukan oleh pemerintah dan pihak yang berwenang, termasuk melakukan perenggangan fisik (physical distancing/ at-tabaa’ud al-ijtima’i), maupun upaya stay at home atau work from home, memakai masker, memakai hand sanitizer, dan lain-lain sebagai tindakan preventif dengan tetap memperhatikan produktifitas kerja.

b. Sholat lima waktu dan sholat jumat dilaksanakan di rumah masing-masing dan tidak perlu dilaksanakan di masjid, mushalla, dan sejenisnya yang melibatkan konsentrasi banyak orang, agar terhindar dari mudarat covid-19.

c. Kegiatan ramadhan dan  Syawal 1441 H apabila wabah covid-19 tidak mengalami penurunan, maka :

Shalat tarwih dilakukan di rumah masing-masing dan takmir masjid tidak perlu mengadakan shalat berjamaah di masjid, mushalla, termasuk kegiatan yang lain seperti ceramah, tadarus berjamaah, iktikaf dan kegiatan berjamaah lainnya.

Hal ini sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW :

عَنْ أبِي هُرَيْرَة قالَ قالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُورِدُ مُمْرِضٌ عَلَى مُصِحٍّ

Dari Abu Hurairah (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw bersabda: Jangan orang sakit dicampurbaurkan dengan yang orang sehat [HR Muslim].

عن عبد الله بن عامر رضي الله عنهما أنَّ عُمَرَ رضي الله عنه خَرجَ إلى الشامِ، فلمَّا كان بِسَرْغَ بَـلَغَهُ أنَّ الوباءَ قد وَقَعَ بالشامِ، فأخبـرَهُ عبدُ الرحمن ابن عَوف: أنَّ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم قال: إِذا سَمِعْـتُم به بأَرْضٍ فلا تَـقْدَمُوا عليه، وإذا وَقَعَ بأَرضٍ وأنتُم بها، فلا تَخْرُجوا فِـرارًا منه. رواه البخاري

Dari ‘Abdullāh Ibn ‘Āmir (diriwayatkan) bahwa ‘Umar pergi menuju Syam. Ketika sampai di wilayah Sargh, ia mendapatkan kabar tentang wabah yang sedang terjadi di Syam. ‘Abd ar-Raḥmān Ibn ‘Auf lalu menginformasikan kepada ‘Umar bahwa Nabi suatu ketika pernah bersabda: Apabila kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika wabah itu terjadi di tempat kamu berada, maka jangan keluar (pergi) dari tempat itu [HR al-Bukhārī].


Bersambung esok hari

#Stayathome
#selalugunakanmasker
#RanmadhandiRumahaja
#ramadhan1441H

Redaktur : Arif Surya (Pustaka dan informasi PDM Karanganyar)


Dipublish Oleh : LPPA PDA Karanganyar
 

Shared Post:
Berita Terbaru