'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Bank Aisyiyah Berkiprah
04 Desember 2020 06:17 WIB | dibaca 292

Colomadu (22/11/2020), bank sampah perdana yang dihadiri oleh 12 ibu-ibu warga Klegen, Desa Gedongan, sebagai binaan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Colomadu memulai kiprah perdananya. Kegiatan bank sampah dilaksanakan sebagai hasil ATM (amati, tiru dan modifikasi) dan di bawah binaan Bijak Sampah dalam hal ini digawangi oleh Arum Dyah Ripdianti, selaku anggota LPPA LK Pimpinan Daerah Aisyiyah Karanganyar. Langkah strategis disambut baik oleh Dian Ardiyani, selaku koordinator kajian Aisyiyah Klegen Desa Gedongan, Colomadu. 

Bank sampah diprogramkan sebagai embrio Qoriyah Toyyibah Aisyiyah (QTA) PDA Karanganyar. QTAmerupakan kegiatan kelompok keluarga yang diisi penguatan dalam aktifitas nyata di bidang aqidah, ibadah, kesehatan, ekonomi, peduli lingkungan dan sosial dalam rangka meningkatan taraf hidup keluarga. Program QTA berjalan di bawah arahan Sunarmi Ketua LPPA Aisyiyah Karanganyar, menggandeng Bijak Sampah dalam teknis di lapangan. Harapan ke depan melalui bank sampah binaan QTA bisa mewujudkan keluarga yang kuat aqidah, ibadah, ekonomi dan peduli lingkungan.
 
 
Program bank sampah sudah diawali di 10 titik di lingkup Colomadu, serambi Makkahnya Kabupaten Karanganyar dan 3 tempat di wilayah Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini diinisiasi Nopember 2018 oleh Bijak Sampah. Bermula sebagai kegiatan penyadaran pengelolaan sampah yang dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Program strategis QTA melalui bank sampah diharapkan bisa dilaksanakan di seluruh ranting Aisyiyah Karanganyar. 
 
Alhamdulilah Selma 6 bulan terakhir animo masyarakat menyambut baik bank sampah sebagai kebutuhan untuk mengelola sampah dan sekaligus sebagai bentuk ibadah menjaga kelestarian alam. Bank sampah menawarkan program pilah sampah, menabung emas dan sedekah dari sampah. Kedepannya melalui bank sampah menjadi core penguatan keluaraga binaan QTA.
 
Colomadu, 29 Nopember 2020
 
Redaktur : LPPA PDA Kra
Shared Post:
Berita Terbaru