'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Ayo Hijaukan Bumi oleh : Hayati Nufus
20 Mei 2020 14:51 WIB | dibaca 277

AYO HIJAUKAN BUMI

 
Hayati Nufus
MIM Bloran Kerjo, Karanganyar
 
Pandemi covid-19 yang memaksa masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah baik WFH (work from home), TFH (teach from home)  maupun stay at home ternyata mendatangkan banyak hikmah bagi manusia. 
 
Pandanglah  ke atas cakrawala kita akan melihat hamparan langit  makin biru, berjalanlah di trotoar kita akan menghirup udara segar tanpa polusi dan menikmati suasana lenggang jalan raya  bebas dari hiruk pikuk  lalu lalang kendaraan yang meninggalkan banyak kebisingan dan gumpalan asap di udara.
 
Seandainya pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang ruas  jalan dapat berbicara mungkin mereka akan berterima kasih pada virus corona karena mereka bisa rehat sejenak dari tugas berat bertahun-tahun, yaitu menyaring kepungan emisi gas buang hasil pembakaran kendaraan bermotor dll. 
 
Sudah dimaphumi bahwa emisi gas buang yang dikeluarkan melalui knalpot kendaraan bermotor terdiri atas unsur kimia karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx), hidrokarbon (HC), dalam jangka panjang unsur kimia tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, maka butuh ribuan bahkan jutaan pohon untuk menyaring paparan emisi gas buang kendaraan bermotor agar udara tetap bersih, sehat dan segar.
 
MI Muhammadiyah Bloran sebagai sekolah yang mempunyai tagline : Membangun Generasi Kokoh, Beradab dan Berilmu mempunyai konsen dan kepedulian sangat besar terhadap lingkungan yang sehat, segar, hijau dan indah. Banyak pembiasaan baik yang sudah dilatihkan dan dibiasakan pada siswa sejak mereka menjadi warga sekolah agar mereka peduli lingkungan, cinta hidup bersih dan sehat, cinta keindahan dan cinta pada tanaman sebagai bagian  tidak terpisahkan dari keimanan dan kehidupan mereka.
 
Seiring dengan makin tingginya kesadaran dan kepedulian masyarakat dunia terhadap  isu lingkungan seperti go green, green wave dan lainnya MIM Bloran sebagai sekolah yang sangat peduli lingkungan ikut ambil bagian  dalam  memperingati hari internasional keanekaragaman hayati ( International Day For Biological Diversity) dan green wave hari menanam satu pohon serentak di seluruh dunia tanggal 22 Mei 2020.pukul 10.00 pagi  hari, dengan ikut andil menanam pohon di lingkungan sekolah. Selasa,19 Mei 2020  bertepatan dengan 26 Ramadhan 1441 Hijriah kegiatan bertanam pohon dilaksanakan oleh siswa MIM Bloran yaitu Muhammad Jahid Al Asad Rivai kelas enam, Aulia Nur Faizah kelas enam, Atifah Arum Albina kelas tiga dan Rangga Cahyo Nugroho kelas satu didampingi kepala madrasah, guru dan karyawan MIM Bloran beserta tim OISCA Training Center Karangpandan. Bibit pohon yang ditanam adalah Durian jenis Musang King (Durio Zibethinus L) Lengkeng (Domocarpus Longan), dan Jeruk Keprok (Citrus  Reticulata).
Tampak raut antusias dan gembira memancar dari wajah para siswa MIM Bloran yang mengikuti kegiatan penanaman itu walaupun  mereka harus berkotor-kotor mengeruk tanah dengan tangannya untuk menimbun bibit yang  mereka tanam.
 
Seribu langkah dimulai dari satu langkah kecil, begitu pula  keinginan agar lingkungan sekolah lebih hiajau dan asri harus dimulai dari kepedulian warga sekolah pada aktifitas  bertanam dan pemeliharaannya.
Wallahu a'lam.
_________
Kerjo, 27 Ramadhan 1441 H
 
 
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post:
Berita Terbaru