'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Siswa TK dan KB Aisyiyah 3 Ngringo Belajar Budaya bersama Sanggar Seni Sarotama
18 Januari 2018 13:13 WIB | dibaca 766

 

Karanganyar- Pembelajaran hari Sabtu, 13 Januari 2018 di  TK dan KB Aisyiyah 3 Ngringo tidak seperti  hari biasa. Pembelajaran di hari tersebut tidak dilaksanakan di sekolah, tetapi di Sanggar Seni Sarotama yang terletak di Gunung Saru Ngringo. Guru berharap dengan pembelajaran di sanggar seni Sarotama  mampu menginspirasi siswa untuk lebih mencintai  budaya Jawa. Selain itu, siswa dapat berkenalan dan mencoba menggunakan gamelan dan wayang secara langsung. Pembelajaran ini dilakukan mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 11.00 WIB.

Pembelajaran budaya jawa di sanggar seni  Sarotama dipandu langsung oleh pemilik padepokan, Bapak Muji, M.Sn. Beliau mengenalkan nama-nama gamelan dan cara memukul gamelan tersebut. Siswa-siswa mencoba mempraktikkan secara langsung cara memukul gamelan tersebut. Mereka  antusias sekali mendengarkan penjelasan dari Bapak Muji. Selain mengenal berbagai alat gamelan, guru dan siswa TK dan KB Aisyiyah 3 Ngringo disuguhi pementasan dalang cilik yang bernama Gibran Maheswara Javas.

Dalang Cilik Gibran Maheswara Javas merupakan salah satu siswa TK Aisyiyah 3 Ngringo  sekaligus murid sanggar seni Sarotama. Ia menampilkan lakon yang berjudul “Anoman Duto” . Lakon tersebut  menyampaikan pesan moral  antara lain seorang anak harus patuh  dan hormat dan guru. Selain itu, seorang anak seharusnya rajin belajar, rajin mengaji, rajin sholat supaya menjadi anak sholeh, pintar, mandiri dan sopan. Sehabis pementasan, Gibran  juga mengenalkan nama-nama wayang kepada teman-temannya.

Shared Post: