'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LK Karanganyar Lebarkan Sayap Ajak Umat Pilah Sampah Nabung Emas
10 Agustus 2020 06:21 WIB | dibaca 122

Keramaian Bank Sampah Kuwiran Banyudono melaksanakan kegiatan yang kedua kalinya, Minggu, 9 Agustus 2020. Bank Sampah Kuwiran adalah bank sampah ke 4 yang menjadi binaan saya bersama bank PATOR (bank sampah Tanon lor)  GEDONGAN Colomadu.
 
Pertama kali berjalan di bulan Juli dengan 6 nasabah saja dan dicemooh beberapa warga lain, menjadi pemacu semangat penggerak bank sampah Kuwiran. Bahan ejekan klise dan cukup menunjukkan wawasan orang angkuh lagi terbelakang, "Buat apa ngurusi sampah? Seperti tidak ada kerjaan lainnya!"
 
Anggapan masyarakat yang menganggap sampah sebagai sesuatu yang remeh, wajar adanya dan banyak temannya. Penggerak sampah sebetulnya adalah orang-orang pilihan yang sudah menyadari pentingnya mereposisi diri dengan mengambil peran langsung berlaku bijak terhadap sampah. Merekalah orang-orang yang peduli dengan generasi penerusnya. Mereka paham betul dengan peduli sampah akan mengurangi warisan sampah untuk anak cucu kita di kemudian hari. 
 
Bank sampah kali ini menjadi lebih spesial mestinya. Spesial karena sudah dilaksanakan mandiri tanpa pendampingan kami. Membahagiakan karena nasabahnya bertambah 6 orang. Sama artinya bertambah pula warga masyarakat yang peduli dengan sampah dan paham manfaat sampingannya yaitu memberikan income tambahan untuk keluarga.
 
 
Lebih menarik lagi bank sampah yang kami jalankan memadukan dengan gerakan melek ekonomi, menabung emas dengan hasil tabungan sampahnya dan uang receh sisa belanja yang dikumpulkan. Jargon kami adalah PILAH SAMPAH NABUNG EMAS.
 
Ibu rumah tangga cenderung mengabaikan uang receh sebagai hal kecil dan tidak bernilai. Program Jajan emas pake receh menjadi jalan mulus untuk mengenalkan investasi emas murah dan terjangkau untuk masyarakat. Emas murah dan terjangkau karena kami menggunakan pecahan kecil 0.05 gram seharga Rp 73.000 an. Murah bukan?
 
Kenapa emas yang dipilih sebagai bentuk investasi tambahan? Emas dipilih karena nilainya yang cenderung aman dan anti inflasi. Emas yang saya pilih adalah produk MINIGOLD. Dinamika emas akhir-akhir ini mengalami kenaikan pesat dan sudah digandrungi banyak orang. 
 
Kami sudah mulai dengan gerakan peduli sampah dan pembiasaan menabung dengan investasi emas Minigold. Menabung mulai dari yang sedikit dan budayakan sedikit-sedikit menabung. 
 
 
Sumber : Bunda Arum, Arum Dyah Goldcorner
bundarum80@gmail.com
Colomadu, 9 Agustus 2020
 
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post: